30 Bisa!!

Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
30 Bisa!!

Forum Angkatan 30 SMAN 1 Depok Be Integrated Successful Generation

May 2024

MonTueWedThuFriSatSun
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Calendar Calendar

Latest topics

» Kenalkan Diri kamu disini !!
by adhityohar Fri 22 Oct 2010, 19:42

» [ask] yang punya dokumen tentang aksi "hysteria" masuk
by adhityohar Fri 22 Oct 2010, 19:14

» emulator
by riff.kaede Fri 25 Jun 2010, 09:14

» Depok Menuju Adipura 2010???
by riff.kaede Sat 19 Jun 2010, 09:41

» update UMB 2010
by sendal.jepit Thu 10 Jun 2010, 21:30

» program bwat hack wireless donk,,
by the_servant Fri 14 May 2010, 20:50

» REPOST!!! <<BEDOL DESA FROM SMANSA DEPOK to UI *angk.31 inside*>>
by Jazz Mon 10 May 2010, 15:33

» One Piece ==Unofficial Thread==
by Jazz Sun 09 May 2010, 11:36

» DL lagu2nya P.G aka Bonyo
by Jazz Sun 09 May 2010, 09:53


2 posters

    Dasar Dasar Pemasaran - Diferensiasi

    Harnendio
    Harnendio
    Newbie
    Newbie


    Jumlah posting : 47
    Points : 5215
    Reputation : 2
    Join date : 30.03.10
    Age : 33
    Lokasi : Depok, Jawa Barat

    Dasar Dasar Pemasaran - Diferensiasi Empty Dasar Dasar Pemasaran - Diferensiasi

    Post  Harnendio Wed 31 Mar 2010, 11:10

    >> Diferensiasi <<

    >Definisi

    "Tindakan merancang suatu set perbedaan yang berarti untuk membedakan penawaran perusahaan dari penawaran pesaing" (Phillip Kottler: 1999)

    "Esensi dari strategi diferensiasi adalah perusahaan dapat memberikan perbedaan yang lebih unik daripada pesaing, sehingga dengan perbedaan itu konsumen memiliki nilai yang lebih tinggi" (Thompson & Strickland: 1998)

    >Sumber Diferensiasi

    Produk fisik merupakan hal yang potensial untuk dijadikan pembeda. Perusahaan dapat membedakan produknya berdasarkan spesialisasi, kualitas kinerja, kualitas kesesuaian, tahan banting, keandalan, mudah diperbaiki, gaya dan rancangan

    >Diferensiasi Pelayanan

    Pembeda pelayanan yang utama adalah kemudahan pemesanan, pengiriman, pemasangan, pemeliharaan dan perbaikan

    >Diferensiasi Personal

    6 Karakteristik personel yang terlatih, yaitu :

    • Kemampuan

    • Cepat tanggap

    • Kesopanan

    • Komunikasi

    • Kredibilitas

    • Dapat diandalkan


    >Diferensiasi Saluran (Distribution Channel)

    Perusahaan dapat melakukan diferensiasi strategi berdasarkan distribusi :

    • Eksklusif

    • Selektif

    • Intensif


    >Diferensiasi Citra (Image)

    Perusahaan dapat mengkespresikan citra (yang baru atau berbeda dengan yang lama) melalui lambang, media tertulis dan audio visual serta suasana

    >Strategi Diferensiasi

    Efektif bila :

    • Kebutuhan konsumen yang beragam sehingga sulit dipenuhi oleh satu jenis produk tertentu

    • Studi tentang perilaku konsumen tentang faktor penentu diferensiasi produk akan membantu mendeteksi preferensi konsumen

    • Akan menaikkan profitabilitas perusahaan bla keuntungan dari harga mampu menutup biaya untuk diferensiasi produk


    >Daya Tarik Strategi Diferensiasi

    Menjadi benteng pertahanan karena konsumen menjadi loyal terhadap merk/model yang menjadi preferensi mereka

    Manfaat lainnya :

    • Membentengi perusahaan dari masuknya pesaing

    • Mengurangi kekuatan tawar menawar dari pembeli

    • Menempatkan perusahaan pada persaingan yang lebih kuat dari perusahaan lain yang menghasilkan produk substitusi


    >Resiko Penerapan Strategi Diferensiasi

    • Bila konsumen hanya melihat sedikit nilai yang diciptakan karena diferensiasi, maka strategi biaya rendah akan menggesernya

    • Mudah tergeser bila pesaing dapat merekayasa strategi yang sama dalam waktu yang singkat

    • Untuk mendapatkan produk yang unik dibutuhkan investasi yang cukup besar


    >Inovasi dan Diferensiasi

    Diferensiasi merupakan penerapan dari konsep inovasi

    • Inovasi : kemampuan seseorang/lembaga menciptakan “sesuatu” yang baru dengan nilai yang lebih tinggi dengan “sesuatu” yang sudah ada sebelumnya


    >Value pada Inovasi

    Value yang lebih tinggi dirasakan oleh konsumen :

    • Kualifikasi produk yang lebih tinggi dari sebelumnya (tapi harga tetap)

    • Harga produk yang lebih rendah (kualifikasi produk tetap)


    >Inovasi dan Kreativitas Tinggi

    bagaimana caranya mencapai produk dengan kualifikasi lebih baik atau membuat produk yang lebih murah; artinya perusahaan harus lebih mampu memproduksi dengan biaya lebih rendah. Ini yang disebut kreativitas tinggi

    sumber: Kuliah IV Dasar2 Pemasaran by Jonminofri
    ahyanarizky
    ahyanarizky
    Supporter 30 Bisa
    Supporter 30 Bisa


    Jumlah posting : 158
    Points : 5403
    Reputation : 6
    Join date : 21.03.10
    Age : 32
    Lokasi : tapos, pada tau gak ?

    Dasar Dasar Pemasaran - Diferensiasi Empty Re: Dasar Dasar Pemasaran - Diferensiasi

    Post  ahyanarizky Fri 02 Apr 2010, 10:53

    Harnendio wrote:
    >> Diferensiasi <<

    >Definisi

    "Tindakan merancang suatu set perbedaan yang berarti untuk membedakan penawaran perusahaan dari penawaran pesaing" (Phillip Kottler: 1999)

    "Esensi dari strategi diferensiasi adalah perusahaan dapat memberikan perbedaan yang lebih unik daripada pesaing, sehingga dengan perbedaan itu konsumen memiliki nilai yang lebih tinggi" (Thompson & Strickland: 1998)

    >Sumber Diferensiasi

    Produk fisik merupakan hal yang potensial untuk dijadikan pembeda. Perusahaan dapat membedakan produknya berdasarkan spesialisasi, kualitas kinerja, kualitas kesesuaian, tahan banting, keandalan, mudah diperbaiki, gaya dan rancangan

    >Diferensiasi Pelayanan

    Pembeda pelayanan yang utama adalah kemudahan pemesanan, pengiriman, pemasangan, pemeliharaan dan perbaikan

    >Diferensiasi Personal

    6 Karakteristik personel yang terlatih, yaitu :

    • Kemampuan

    • Cepat tanggap

    • Kesopanan

    • Komunikasi

    • Kredibilitas

    • Dapat diandalkan


    >Diferensiasi Saluran (Distribution Channel)

    Perusahaan dapat melakukan diferensiasi strategi berdasarkan distribusi :

    • Eksklusif

    • Selektif

    • Intensif


    >Diferensiasi Citra (Image)

    Perusahaan dapat mengkespresikan citra (yang baru atau berbeda dengan yang lama) melalui lambang, media tertulis dan audio visual serta suasana

    >Strategi Diferensiasi

    Efektif bila :

    • Kebutuhan konsumen yang beragam sehingga sulit dipenuhi oleh satu jenis produk tertentu

    • Studi tentang perilaku konsumen tentang faktor penentu diferensiasi produk akan membantu mendeteksi preferensi konsumen

    • Akan menaikkan profitabilitas perusahaan bla keuntungan dari harga mampu menutup biaya untuk diferensiasi produk


    >Daya Tarik Strategi Diferensiasi

    Menjadi benteng pertahanan karena konsumen menjadi loyal terhadap merk/model yang menjadi preferensi mereka

    Manfaat lainnya :

    • Membentengi perusahaan dari masuknya pesaing

    • Mengurangi kekuatan tawar menawar dari pembeli

    • Menempatkan perusahaan pada persaingan yang lebih kuat dari perusahaan lain yang menghasilkan produk substitusi


    >Resiko Penerapan Strategi Diferensiasi

    • Bila konsumen hanya melihat sedikit nilai yang diciptakan karena diferensiasi, maka strategi biaya rendah akan menggesernya

    • Mudah tergeser bila pesaing dapat merekayasa strategi yang sama dalam waktu yang singkat

    • Untuk mendapatkan produk yang unik dibutuhkan investasi yang cukup besar


    >Inovasi dan Diferensiasi

    Diferensiasi merupakan penerapan dari konsep inovasi

    • Inovasi : kemampuan seseorang/lembaga menciptakan “sesuatu” yang baru dengan nilai yang lebih tinggi dengan “sesuatu” yang sudah ada sebelumnya


    >Value pada Inovasi

    Value yang lebih tinggi dirasakan oleh konsumen :

    • Kualifikasi produk yang lebih tinggi dari sebelumnya (tapi harga tetap)

    • Harga produk yang lebih rendah (kualifikasi produk tetap)


    >Inovasi dan Kreativitas Tinggi

    bagaimana caranya mencapai produk dengan kualifikasi lebih baik atau membuat produk yang lebih murah; artinya perusahaan harus lebih mampu memproduksi dengan biaya lebih rendah. Ini yang disebut kreativitas tinggi

    sumber: Kuliah IV Dasar2 Pemasaran by Jonminofri

    jadi kalo diaplikasikan untuk memasarkan (baca:mempublikasikan) forum ini lebih jauh gmn tuh bos ? makan

      Waktu sekarang Wed 08 May 2024, 04:08