>> Diferensiasi <<
>Definisi
"Tindakan merancang suatu set perbedaan yang berarti untuk membedakan penawaran perusahaan dari penawaran pesaing" (Phillip Kottler: 1999)
"Esensi dari strategi diferensiasi adalah perusahaan dapat memberikan perbedaan yang lebih unik daripada pesaing, sehingga dengan perbedaan itu konsumen memiliki nilai yang lebih tinggi" (Thompson & Strickland: 1998)
>Sumber Diferensiasi
Produk fisik merupakan hal yang potensial untuk dijadikan pembeda. Perusahaan dapat membedakan produknya berdasarkan spesialisasi, kualitas kinerja, kualitas kesesuaian, tahan banting, keandalan, mudah diperbaiki, gaya dan rancangan
>Diferensiasi Pelayanan
Pembeda pelayanan yang utama adalah kemudahan pemesanan, pengiriman, pemasangan, pemeliharaan dan perbaikan
>Diferensiasi Personal
6 Karakteristik personel yang terlatih, yaitu :
- Kemampuan
- Cepat tanggap
- Kesopanan
- Komunikasi
- Kredibilitas
- Dapat diandalkan
>Diferensiasi Saluran (Distribution Channel)
Perusahaan dapat melakukan diferensiasi strategi berdasarkan distribusi :
- Eksklusif
- Selektif
- Intensif
>Diferensiasi Citra (Image)
Perusahaan dapat mengkespresikan citra (yang baru atau berbeda dengan yang lama) melalui lambang, media tertulis dan audio visual serta suasana
>Strategi Diferensiasi
Efektif bila :
- Kebutuhan konsumen yang beragam sehingga sulit dipenuhi oleh satu jenis produk tertentu
- Studi tentang perilaku konsumen tentang faktor penentu diferensiasi produk akan membantu mendeteksi preferensi konsumen
- Akan menaikkan profitabilitas perusahaan bla keuntungan dari harga mampu menutup biaya untuk diferensiasi produk
>Daya Tarik Strategi Diferensiasi
Menjadi benteng pertahanan karena konsumen menjadi loyal terhadap merk/model yang menjadi preferensi mereka
Manfaat lainnya :
- Membentengi perusahaan dari masuknya pesaing
- Mengurangi kekuatan tawar menawar dari pembeli
- Menempatkan perusahaan pada persaingan yang lebih kuat dari perusahaan lain yang menghasilkan produk substitusi
>Resiko Penerapan Strategi Diferensiasi
- Bila konsumen hanya melihat sedikit nilai yang diciptakan karena diferensiasi, maka strategi biaya rendah akan menggesernya
- Mudah tergeser bila pesaing dapat merekayasa strategi yang sama dalam waktu yang singkat
- Untuk mendapatkan produk yang unik dibutuhkan investasi yang cukup besar
>Inovasi dan Diferensiasi
Diferensiasi merupakan penerapan dari konsep inovasi
- Inovasi : kemampuan seseorang/lembaga menciptakan “sesuatu” yang baru dengan nilai yang lebih tinggi dengan “sesuatu” yang sudah ada sebelumnya
>Value pada Inovasi
Value yang lebih tinggi dirasakan oleh konsumen :
- Kualifikasi produk yang lebih tinggi dari sebelumnya (tapi harga tetap)
- Harga produk yang lebih rendah (kualifikasi produk tetap)
>Inovasi dan Kreativitas Tinggi
bagaimana caranya mencapai produk dengan kualifikasi lebih baik atau membuat produk yang lebih murah; artinya perusahaan harus lebih mampu memproduksi dengan biaya lebih rendah. Ini yang disebut kreativitas tinggi
sumber: Kuliah IV Dasar2 Pemasaran by Jonminofri